MENGENAL DAN MEMAHAMI JATUH BANGUNNYA PENDIRI WOILO

William Arsn

 

WoiLo adalah aplikasi SNS domestik yang telah bersaing dengan aplikasi dari luar negeri. Sejauh ini, aplikasi asal Surabaya, Jawa Timur ini berhasil menarik jutaan pengguna.  WoiLo dibuat dengan ide untuk menyatukan aplikasi dengan banyak fitur inovatif ke dalam satu platform sosial. Sementara itu, WoiLo juga merupakan salah satu platform media sosial pertama yang  rutin mengadakan acara untuk menarik perhatian masyarakat Indonesia dan membuat mereka semakin mencintai karya anak negeri. 

WoiLo didirikan pada tahun 2019 oleh tiga pemuda asal Surabaya: Kevin Ciang, Andy Kurnia dan Michael Francesco. Ketika WoiLo didirikan itu masih disebut “Sestyc”. Namun, kata tersebut tidak umum di masyarakat Indonesia, jadi kami mengubah Sestyc menjadi WoiLo. 

 

WoiLo terdiri dari dua kata yang  sering digunakan oleh anak muda Indonesia: ‘Woi’ berarti sapaan atau sapaan, dan ‘Lo’ berarti ‘kamu’ atau ‘kamu’. Aplikasi WoiLo dikenal memiliki fungsi, desain, dan konsep yang sederhana dan mudah dipahami seperti aplikasi media sosial  pada umumnya. Fitur-fitur yang terdapat pada aplikasi WoiLo seperti entertainment, chat, timeline, story, cari teman dll sama dengan Instagram. 

Salah satu yang menarik dari WoiLo adalah para pendirinya  masih relatif muda. Faktanya, tiga pendiri WoiLo  baru saja lulus dari sekolah menengah ketika mereka meluncurkan aplikasi WoiLo mereka. 

Tiga  pendiri muda aplikasi WoiLo, Andy Kurnia, Kevin Ciang dan Michael Francesco. (Foto: Arsip WoiLo). 

Kevin Ciang, salah satu pendiri WoiLo, adalah lulusan SMA Kristen Petra 1 di Surabaya.  Kevin kini baru berusia 21 tahun, namun pengalamannya di dunia teknologi tak bisa dianggap remeh. Kevin  mempelajari dunia teknologi sejak  SMP.  

Kemudian Andy Kurnia Wijaya yang juga  salah satu pendiri WoiLo adalah lulusan SMA Kristen Petra 1 Surabaya yang kebetulan merupakan teman sekelas Kevin. Meskipun dia baru berusia 21 tahun,  pengetahuan Andy  tentang dunia teknologi adalah roti dan mentega WoiLo. Andy diketahui sudah terjun ke dunia teknologi sebelum  berusia sepuluh tahun. 

Terakhir, pendiri WoiLo adalah Michael Francesco, lulusan SMA Kristen Kalam Kudus di Surabaya. Seperti para pendiri lainnya, Michael memiliki latar belakang yang sangat mengesankan di dunia teknologi. Seperti Kevin, Michael sudah mengenal dunia teknologi sejak  SMP. Sebelum mendirikan WoiLo, ketiganya meluncurkan aplikasi pencarian kerja bernama AddJob saat masih sekolah. AddJob adalah aplikasi yang menghubungkan  pencari kerja dan perusahaan untuk mencari uang

Namun, AddJob  tidak dapat bersaing dengan pesaingnya dan harus pensiun. Meski demikian, kegagalan AddJob tidak menjadi penghalang inovasi bagi anak muda ini  hingga mereka merilis aplikasi bernama WoiLo pada tahun 2019. 

Unduh aplikasi WoiLo sendiri dari Google Play Store atau Appstore, atau kunjungi situs resmi WoiLo.